You are currently viewing Kegiatan Public Speaking Untuk Melatih Kemampuan Berbicara Siswa

Kegiatan Public Speaking Untuk Melatih Kemampuan Berbicara Siswa

Kegiatan Public Speaking Untuk Melatih Kemampuan Berbicara Siswa – Insan Mandiri Cibubur

Rabu, 27 Juli 2022 Ma’had Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur memulai kembali kegiatan Public Speaking yang sebelumnya  sudah dilaksanakan ditahun ajaran sebelumnya dengan tujuan mengembangkan potensi kemampuan anak-anak dalam berbicara, khususnya berbicara di depan banyak orang. Hal ini sudah disusun dengan baik oleh tim musyrif agar kegiatan ini bisa mencetak da’i muda yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kompetisi nasional bahkan internasional.

Untuk mengawali kegiatan, dari Qismu Lughoh sudah membagi menjadi 4 kelompok yang berisi 36-37 siswa per kelompoknya, ada sedikit pengurangan kelompok dibandingkan tahun ajaran sebelumnya dikarenakan adanya renovasi asrama kayu yang masih dalam membutuhkan waktu yang cukup lama. Pembagian kelompoknya adalah sebagai berikut:

  1. Kelompok Ustadz Khafidin bertempat di asrama baru lantai 1
  2. Kelompok Ustadz Khoiruddin bertempat di asrama baru lantai 2
  3. Kelompok Ustadz Syahid dan Ustadz Latif bertempat di asrama kayu lantai 1
  4. Kelompok Ustadz Mujahid dan Ustadz Riki bertempat di asrama baru lantai 3

Pada pertemuan pertama ini, kegiatan public speaking lebih fokus dalam pendalaman tujuan langkah dan proses untuk bisa berdiri diatas panggung, kemudian dilanjutkan dengan menonton video contoh-contoh public speaking yang bagus, pembagian petugas serta motivasi agar lebih berani dalam berbicara, fokus materinya adalah berbakti kepada orang tua yang bertujuan mengingatkan kembali kewajiban siswa kepada orang tua.

Kenapa Harus Latihan Public Speaking?

Banyak orang yang cakap berbicara di depan umum dan pandai mengambil perhatian penonton, namun tidak banyak orang yang melihat bagaimana perjuangannya untuk mampu dan cakap berbicara di depan banyak orang, perlu latihan dan motivasi yang kuat agar mampu berbicara.

Seorang Public Speaker membutuhkan rasa percaya diri yang kuat, menguasai tema dan materi serta mampu berucap dengan baik. Maka dari itu setiap orang harus memiliki skill ini karena ini menjadi skill wajib, dikarenakan setiap orang pasti ada kalanya disuruh untuk berbicara di depan banyak orang, minimal mentalnya.

Apa Saja Manfaat Public Speaking?

Kegiatan Public Speaking Untuk Melatih Kemampuan Berbicara Siswa 2

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jika seseorang mampu berbicara dengan lancar, hal itu dapat meningkatkan rasa percaya diri, meskipun begitu berbicara dengan lancar juga berlaku untuk satu orang saja. Bisa jadi ada satu waktu kita harus mengajak bicara dengan orang penting agar arah pembicaraan lebih enak dan nyaman.

Menumbuhkan Leadership

Seseorang yang mampu berbicara di depan banyak orang, memiliki kecenderungan lebih banyak didengar perkataannya sehingga mudah untuk mengajak orang lain khususnya dalam kebaikan. Dengan adanya skill public speaking maka akan mudah dalam mengayomi orang lain dan secara perlahan akan menumbuhkan jiwa leadership dalam diri orang tersebut.

Mudah Dalam Menyampaikan Pendapat

Berbicara di depan banyak orang adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan perhatian dan menyampaikan ide maupun pendapat, walaupun terkadang rasa ragu muncul namun yakinlah itu adalah proses terbaik agar pendapat yang disampaikan dapat diterima.

Menambah Nilai Diri

Yup, Public Speaking adalah skill yang wajib dan menambah nilai kualitas diri, seseorang akan terlihat berbeda dan menarik apabila dapat berbicara dengan lancar, mampu menarik audience dan mengutarakan pendapat.

Inilah tujuan dari public speaking, bukan sekedar mampu berbicara namun ada nilai dan tujuan yang penting demi masa depan dan membangun nilai diri agar sosok diri ini menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Oleh: Syahidul Haq (Musyrif Ma’had Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur)

Leave a Reply