You are currently viewing ICE BREAKING DI KELAS ONLINE
ice breaking di kelas online ngatijo

ICE BREAKING DI KELAS ONLINE

Ice Breaking di kelas online dapat dilakukan dengan metode : 1) menulis angka dengan tubuh, 2) guest who/guest what, 3) Pantomim, 4) Susun Puisi Berantai, dst.

Bisa Juga lihat videonya langsung di Youtube pada LINK INI

 

Kegiatan belajar mengajar di berbagai wilayah Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat menerapkan pembelajaran secara daring (online) mulai tanggal 16 Maret 2020. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau yang disebut dengan Covid-19. Kegiatan belajar mengajar secara daring membutuhkan kemampuan khusus untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran secara efektif.

Kemampuan pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Akan kesulitan apabila kemampuan itu tidak dimiliki seorang guru untuk dapat menerapakan pembelajaran secara daring.

Jenis pembelajaran secara daring dibagi menjadi dua yaitu synchronize dan unsynchronize online system. Pada Synchronize berupa aplikasi-aplikasi yang menggunakan video conference seperti; Zoom, Webex, Google Hangouts, Skype,  dll. Sedangkan untuk Unsynchronize hanya berupa grup chat seperti yang sering digunakan yaitu whatsapp, telegram atau juga yang menggunakan aplikasi Edmodo, Quiziz, Schoology dll. Perbedaan sistem pembelajaran yang diterapkan tentu saja berpengaruh terhadap Ice Breaking yang dapat digunakan.

Ice Breaker Menurud Said (2010) adalah permainan dan kegiatan yang berfungsi untuk mengubah suasana kebekuan dalam kelompok.  Ice Breaker dalam pembelajaran mengantarkan peserta/siswa kedalam gelombang otak alfa zone (Munif). Ketika kondisi otak pada gelombang alfa akan lebih mempercepat masuk dan dicerna oleh otak. Sehingga pembelajaran akan lebih mudah diserap oleh siswa/peserta.

DOWNLOAD BROSUR SMPIT-SMAIT INSAN MANDIRI CIBUBUR

Pada pembelajaran daring yang menggunakan teknik synchronize yaitu:

1. Menuliskan Angka dengan Anggota Tubuh

Seperti pada kegiatan offline hal ini dapat dilakukan juga ketika sedang online, misalkan tahap pertama peserta diminta untuk menuliskan angka dengan menggunakan jari tangan kanan. Tahap kedua menuliskan angka dengan menggunakan kedua tangan. Ketiga dapat meminta peserta untuk menuliskan angka dengan gerakan kepala.

 

2. Guest Who/Guest What

Dalam kegiatan ini, salah seorang peserta diminta untuk menyebutkan 3 kata bantu yang menyebutkan ciri-ciri dari seorang atau sebuah benda lalu peserta yang lain diminta untuk menebak ciri-ciri yang di sebutkan tersebut. Misal : “Penyanyi”, “Dokter”, “Laki-laki” Jawabanya adalah: Tompi, contoh lain misalkan; “panas”, “baju”, “rapi” jawabnya adalah Setrika.

 

3. Ice Breaking Susun Puisi Berantai

Setiap peserta diminta untuk mengucapkan satu kata yang diawali sebelumnya dengan menentukan urutan pengucapannya. Pengucapannya harus dengan nada layaknya membaca puisi yang terus dilanjutkan dengan kata-kata selanjutnya. Misalnya peserta 1 dan selanjutnya adalah “hujan”-“adalah”-“anugerah”-“dari”-“Tuhan”

 

4. Pantomim Ice Breaking

Ice breaking ini hampir mirip dengan Guest Who/Guest What hanya saja kalau sebelumnya adalah menebak sebuah ciri-ciri sedangkan dalam Pantomim menebak sebuah gerakan yang dilakukan oleh salah satu peserta. Sebelumnya secara personal diberikan tebak sebuah pekerjaan/hewan lalu kemudian diperagakan oleh salah satu peserta yang kemudian peserta lain ditugaskan untuk menebak gerakan itu.

5. Tebak Judul Lagu

Hal ini cukup mudah di lakukan di awali dengan membagi kelompok siswa. Mislanya satu kelompok 2 orang satu orang sebagai peraga dan satu lagi sebagai penebak. selanjutnya salah satu peserta di berikan judul lagu dari instruktur selanjutnya ia harus memperagakan lagu tersebut sedangkan peserta ain harus menebaknya.

Bisa Juga lihat videonya langsung di Youtube pada LINK INI

ice breaking di kelas online ngatijo insan mandiri cibubur

Pada pembelajaran daring dengan teknik unsynchronized yaitu:

1. Tebak Cerita dari Emoticon

Dalam ice breaking ini peserta menuliskan beberapa buah emoticon yang menunjukan sebuah aktivitas kemudian siswa lain diminta untuk menebak aktivitas apa yang dilakukan dari emoticon tersebut.

 

2. Tebak Gambar

Kegiatan ini hampir sama dengan yang diaplikasikan pada Guest Who/Guest What. Bedanya yang dikirim disini tidak berupa tulisan ataupun gambar melainkan dengan mengirimkan dalam bentuk gambar. Kemudian peserta lain menebak gambar tersebut.

 

3. Membuat Kata Positif Sesuai dengan Huruf Pertama Nama Siswa

Setiap peserta diminta untuk membuat sebuah kata positif dari huruf awal nama panggilan. Misalnya Joe – “Jos”, Epong – “Energic”, dst.

 

4. Sambung Kata dari Huruf Terakhir Nama Siswa

Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan urutan penyebutannya dulu, bisa menggunakan urutan presensi kehadiran siswa pada kelas tersebut. Setelah itu  siswa secara bergantian membuat kata dan menyusun kalimat dari huruf terakhir nama siswa. Misalkan namanya adalah ; 1. Fajar, 2. Alief, 3. Hamzah, 4. Jaelani, dst maka dapat disusun : Rumah – Fikri – Harus – Indah, dst.

 

Demikian berbagai contoh Ice Breaking yang dapat dilakukan dalam kelas online, semoga bisa bemanfaat untuk pembaca insanmandiri.sch.id

 

Ingin Tahu Cara Broadcast WhatsApp Gratis? Klik Disini

Berikan nilai atau rating berita/artikel di atas!!
[Total: 0 Average: 0]

This Post Has 4 Comments

Leave a Reply