You are currently viewing PARODI LAGU UNTUK BELAJAR ASYIK DAN MENYENANGKAN
belajar asyik dan menyenangkan lewat parodi dian rosdiana rahayu

PARODI LAGU UNTUK BELAJAR ASYIK DAN MENYENANGKAN

Parodi lagu untuk belajar asyik dan menyenangkan

Pandemic Covid-19 masih melanda Indonesia dan dunia yang akhirnya memaksa dunia pendidikan untuk menyesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ini bukanlah hal yang mudah bagi kami. Bagi orangtua,guru,maupun siswa pasti sangat tidak terbiasa dengan pembelajaran seperti yang kami alami saat ini.

Sebenarnya masalah dalam dunia pendidikan ini sudah ada sebelum pandemiK. Siswa yang kurang disiplin, malas, tidur di dalam kelas, tidak mengerjakan tugas, dan lain-lain. Hanya saja permasalahannya semakin Nampak karena siswa langsung belajar ditemani oleh orangtua di Rumah.

Permasalahan yang ada di dalam kelas tersebut dapat diselesaikan dengan salah satunya adalah kreativitas. Guru dituntut untuk kreatif sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi. Namun, ketika kondisi khusus/darurat seperti ini yang harus memaksa anak harus berada di rumah, seorang guru bukan hanya bertugas untuk menyampaikan materi ajar dengan kreatif.

Namun guru juga harus terus berusaha untuk menjaga mood siswa dalam belajar. Karena belajar atau berada di rumah saja adalah hal yang sangat membosankan tentunya. Bukan hanya dialami oleh anak-anak tapi juga oleh orang-orang dewasa.

Karena itu perlu rasanya siswa diberikan variasi dalam pembelajaran. Perlu rasanya mereka disuguhkan dengan hal-hal baru dan orang-orang baru di luar pembiasaan. Salah satunya dengan menghadirkan narasumber dari luar. Dari orang baru yang sebelumnya tidak mereka kenal mereka mampu mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, dan yang terpenting adalah mereka mendapatkan variasi dalam pembelajaran.

Sesuai dengan Visi/misi kami di SMPIT Insan mandiri Cibubur yang selalu berusaha untuk memantik bakat dan minat siswa serta melahirkan remaja yang kreatif, produktif, inovatif dan berakhlak mulia. Karena itu meski di tengah pandemi kami ingin selalu berusaha memberikan manfaat bagi oranglain sekecil apapun itu melalui program yang kami beri nama  “Belajar Asyik dan menyenangkan lewat parodi lagu”.

Sebagai Kepala Sekolah sekaligus narasumber dari program ini, tujuan diadakannya acara ini adalah berkolaborasi dengan Sekolah-sekolah Dasar di Jabodetabek dan di luar daerah dan juga memberikan kesempatan kepada siswa IMC secara bergiliran untuk dapat berlatih menjadi moderator acara.

Kami mengawali dengan share flyer ini melalui medsos. Alhamdulillah langsung mendapat respon dari beberapa Sekolah di wilayah Jobodetabek. Hingga hari ini tercatat baru 3 Sekolah yang mengikuti program ini. Disusul dengan Sekolah lain yang masih harus menunggu Jadwal pelatihan dari kami. Alhamdulillah 3 Sekolah yang telah mengikuti program ini merespon dengan sangat baik.

Berikut daftar 3 Sekolah yang telah mengikuti program kolaborasi “Belajar Asyik dan Menyenangkan Lewat Parodi”:

1. Parodi Lagu untuk Belajar Asyik dan Menyenangkan SD Negeri Kembangan Utara 04 pagi

sd negeri kembangan utara pagi

2. Belajar Asyik dan Menyenagkan di SD Negeri Semper Timur 07

sd negeri semper timur 07 belajar asyid dan menyenangkan

 

3. Belajar Asyik dan Menyenangkan SD Negeri Sukatani 7

sd negeri sukatani 7 belajar asyik dan menyenangkan

Materi yang diberikan pada peserta adalah materi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang sedang dipelajari siswa. Peserta pelatihan adalah siswa Sekolah Dasar Kelas 4,5 , dan 6. Materi dikemas dengan sangat menarik melalui media zoom.  Menggunakan slide power point, Video pembelajaran, Quizziz,Tanya jawab, dan pastinya materi disajikan dalam bentuk parodi (lagu). Sehingga siswa senang dan mampu menghapal dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Acara diawali dengan moderator dari siswa SMPIT Insan Mandiri cibubur dengan memperkenalkan diri, memperkenalkan narasumber. Tidak lupa sebelum memulai belajar moderator mengajak peserta untuk apersepsi terlebih dahulu dengan bermain tebak-tebakkan, dll. Moderatorpun juga menutup kegiatan dengan memberikan kesempatan kepada guru dari Sekolah Dasar tersebut untuk menyampaikan sambutannya.

Narasumber memberikan kesimpulan, dan tidak lupa juga moderator memperkenalkan sedikit tentang SMPIT Insan Mandiri Cibubur. Di pra acara dan penutup kami  juga mempersembahkan beberapa karya guru dan siswa SMPIT Insan Mandiri Cibubur.

Antusias dan respon baik peserta dapat dibaca melalui link di bawah ini:

belajar asyik dan menyenangkan

https://padlet.com/dhyan_alazhar/BelajarAsyikMenyenangkan

Oleh: Dian Rosdiana Rahayu, S.Pd

Kepala Sekolah SMPIT Insan Mandiri Cibubur

 

Berikan nilai atau rating berita/artikel di atas!!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply