PROFIL

YAYASAN PENDIDIKAN SILATURAHIM JATIKARYA

A. LATAR BELAKANG

  1. Mencetak Generasi Yang Qur'ani
    Zaman yang cepat berkembang dalam berbagai bidang ternyata menimbulkan banyak masalah dan dampak negatif dalam masyarakat, terutama generasi muda yang kehilangan petunjuk dan pedoman dalam kehidupannya. Al-Qurán sebagai pedoman hidup yang mempunyai kebenaran mutlak harus dipahami dan diamalkan oleh setiap generasi muslim. Sekolah harus menjadi pencetak generasi Quráni sebagai generasi unggul yang mewarnai dan bermanfaat untuk keluarga, masyarakat, bangsa dan agama.
  2. Sinergi Sekolah dan Rumah
    Masalah pendidikan banyak muncul disebabkan orangtua yang memasrahkan sepenuhnya pendidikan putra-putrinya dan tanggungjawab keberhasilan pendidikan kepada sekolah. Sekolah dan rumah harus bersinergi bekerja sama dalam mendidik dan membimbing pesertnya didiknya terutama penguatan karakter-karakter positif, keterampilan hidup dan pengetahuan. Sekolah menjadi rumah kedua peserta didiknya.
  3. Sekolah Untuk Semua
    Masih anak-anak yang belum meraih hak dasarnya dalam bersekolah disebabkan beberapa hal dan kondisi. Banyak sekolah yang melakukan segregasi atau atau pemilahan anak-anak tertentu yang berhak sekolah. Sekolah harus menjadi pendidikan inklusi ayng memberikan kesempatan kepada peserta didiknya dalam berbagai kondisi dan kebutuhan yang berbeda untuk menuntut ilmu pengetahuan. Sekolah bukan institusi eksklusif, sebab Pendidikan hakekatnya adalah hak setiap manusia.

B. VISI

Sekolah yang menghargai setiap potensi manusia sebagai ciptaan Allah Subhanahu wata’ala yang terbaik dengan membantu memantik fitrah keimanan, fitrah bakat, fitrah belajar, dan fitrah perkembangan sehingga melahirkan remaja yang kreatif, inovatif, produktif, dan berakhlak mulia dengan pedoman Al-Quránul Karim.

C. MISI

  1. Project Based Qur'an
    Pendekatan kurikulum berbasis Qur’an dan proyek, yang fokus pada ayat-ayat akhlak untuk jenjang sekolah dasar dan problem solving untuk jenjang sekolah menengah dalam rangka implementasi Al-Qurán sebagai pedoman hidup.
  2. Pendidikan Humanis
    Menerapkan pendidikan humanis dengan konsep sekolahnya manusia yaitu sekolah inklusi untuk semua dan tanpa diskriminasi.
  3. Sekolah Ramah Anak
    Menciptakan lingkungan yang kondusif baik di sekolah maupun asrama, sehingga peserta didik merasa nyaman dan aman selama proses pembelajaran dan pengasuhan.
  4. Sekolahnya Orang Tua
    Program yang ditujukan bagi orang tua siswa untuk menyamakan paradigma pendidikan dan pengasuhan di sekolah dan di rumah dengan berbagai pola informasi.
  5. Pendidikan Abad 21
    Program pembelajaran yang fokus pada persiapan karakter, pengetahuan dan logika, serta ketrampilan siswa untuk menghadapi tantangan di zamannya.
  6. Desain Cita-Cita
    Program bimbingan persiapan melanjutkan pendidikan tinggi sesuai bakat dan minat khusus siswa kelas XII (dua belas).
  7. Multiple Intelligences Research (MIR)
    Alat riset yang mengukur dominan kecerdasan dan gaya belajar peserta didik yang digunakan guru untuk merancang strategi mengajar dan orang tua di rumah dalam menstimulus anak.
TOP